Minggu, 05 Agustus 2012

Pelaksanaan Uji Kompetensi Awal (UKA) Bagi Peserta PLPG Kemenag

Bagi Bapak/Ibu Guru Peserta Uji Kompetensi Awal (UKA) PLPG di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Lampung bahwa akan dilaksanakan pada:
Hari, tangal                       :  Selasa, 28 Agustus 2012
Pukul                                :  09.00 s.d selesai
                                           (peserta wajib hadir 1 jam sebelum waktu pelaksanaan)
Tempat                             :  FKIP Unila
                                           Jl. Sumantri Brodjonegoro No. 1 Gedungmeneng Bandar Lampung

Jadwal PLPG Kemenag:

  • Tahap I                  :  29 Agustus - 7 September 2012
                                          (Kelas Bahasa Daerah, Bhs. Indonesia, BK/BP, IPA, Biologi, Fisika Kimia,
                                           Ekonomi, Geografi, Matematika, IPS, Bhs. Inggris, Sejarah)

  • Tahap II                :  7 September - 16 September 2012 (Kelas PKn)
  • Tahap III               :  17 September - 26 Oktober 2012 (Kelas Penjas dan Seni Budaya)
Lebih Jelas informasi klik http://fkip.unila.ac.id

Peserta UKA dan PLPG Kemenag Rayon 107 Universitas Lampung Tahun 2012         download

Uji Kompetensi Awal (UKA) syarat wajib mengikuti PLPG Tahun 2012, apabila tidak mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA) pada tanggal yang telah ditentukan Panitia Sertifikasi Guru Rayon 107 Universitas Lampung tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan PLPG.
                                       

Rabu, 18 Juli 2012

Kisi-kisi Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2012

Informasi terbaru bagi Bapak/Ibu guru yang tentunya ingin mengetahui Kisi-kisi Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2012, berikut ini kisi-kisi UKG resmi dari http://bpsmpk.kemendikbud.go.id

  • Guru Kelas SD  Unduh
  • Guru SDLB    Unduh
  • Mata Pelajaran Antropologi    Unduh
  • Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA    Unduh
  • Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP    Unduh
  • Mata Pelajaran Biologi SMA    Unduh
  • Mata Pelajaran BK   Unduh
  • Mata Pelajaran Ekonomi   Unduh
  • Mata Pelajaran Fisika SMA   Unduh
  • Mata Pelajaran Fisika SMK   Unduh
  • Mata Pelajaran IPA SMK   Unduh
  • Mata Pelajaran IPA SMP   Unduh
  • Mata Pelajaran Kimia   Unduh
  • Mata Pelajaran Matematika SMA   Unduh
  • Mata Pelajaran Matematika SMP   Unduh
  • Mata Pelajaran PKN SMA   Unduh
  • Mata Pelajaran PKN SMP   Unduh
  • Mata Pelajaran Penjas SMA   Unduh
  • Mata Pelajaran Sejarah SMA   Unduh
  • Mata Pelajaran Sosiologi   Unduh
  • Mata Pelajaran TIK   Unduh
Untuk Mata Pelajaran Mulok belum tersusun kisi-kisinya, dikarenakan setiap daerah atau tingkat satuan pendidikan memiliki Muatan Lokal yang sesuaikan dengan kebutuhan atau potensi yang ada. 

Pedoman Uji Kompetensi Guru selengkapnya dapat diunduh. Klik tautan berikut untuk unduh Pedoman UKG

Hasil PLPG Tahap 1 dan 2 Rayon 216 Tahun 2012 IAIN Raden Intan Lampung

PENGUMUMAN HASIL PLPG 2012 RAYON 216 IAIN RADEN INTAN LAMPUNG
TAHAP 1 DAN 2 DOWNLOAD DI BAWAH INI
Pengumuman Kelulusan Angkatan 1
Pengumuman Kelulusan Angk 2

Hasil PLPG Rayon 107 Lampung Tahun 2012

Diumumkan kepada peserta PLPG Tahap ke-1 sampai dengan Tahap ke-5, agar memperhatikan Hal-Hal sebagai berikut:
  1. Hasil PLPG Tahap ke-1 s.d Tahap ke-5 dapat diakses di internet http://fkip.unila.ac.id
  2. Peserta yang mengulang diberi kesempatan mengikuti ujian ulang sebanyak 2x
  3. Pelaksanaan Ujian Ulang I, untuk Tahap ke-1 s.d Tahap ke-5, akan dilaksanakan pada : Hari / Tanggal : Minggu / 22 Juli 2012, Waktu :Pkl. 11.00 WIB untuk peserta yang mengulang Ujian Praktik (UP) sedangkan untuk peserta yang mengulang Ujian Tulis  Nasional(UTN) dan Ujian Tulis Lokal (UTL)  Pkl. 13.00 WIB
Tempat: 
Kampus FKIP Universitas Lampung Jl. Prof. Dr. Sumantri Brodjonegoro  No.1 Bandar Lampung.



[ Download Surat Pengantar ]

Senin, 27 Februari 2012

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MENGGGUNAKAN BAHAN AJAR BRIDGING COURSE


Oleh
Fathurohman, S.Pd.
(Guru Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Menggala)

Abstrak

Salah satu masalah yang dihadapi oleh sejumlah SMP di Indonesia adalah kurang memadainya entry behaviour siswa baru ketika masuk pendidikan jenjang SMP. Bervariasinya mutu lulusan SD menyebabkan adanya perbedaan kesiapan siswa untuk mengikuti pendidikan di jenjang SMP. Dengan adanya keadaan ini menyebabkan guru dan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi matematika di SMP.  Bilangan Bulat merupakan awal materi matematika pada kelas VII, pada materi ini diperoleh nilai rata-rata tes hasil belajar hanya 20% siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 dan sisanya memperoleh nilai < 65.  Hal ini  berdasarkan wawancara dan diskusi dengan guru matematika kelas VII Tahun Pelajaran 2010/2011.  Untuk itu diperlukan suatu upaya agar siswa memiliki kesiapan dalam mengikuti pembelajaran matematika SMP. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan penerapan pembelajaran konstruktivisme dengan menggunakan bahan ajar Bridging Course.  Pembelajaran konstruktivisme adalah pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya .  Penemuan konsep untuk membekali siswa lulusan Sekolah Dasar yang akan melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama dengan kemampuan matematika dasar. Kemampuan matematika yang dilatihkan dalam bahan ajar Bridging Course agar mereka lebih siap dalam pembelajaran matematika di jenjang SMP yang disusun secara konstruktif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan (1) penguasaan konsep siswa; (2) minat siswa terhadap pembelajaran matematika (3) aktivitas siswa terhadap pembelajaran matematika.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan dalam 3 siklus.  Data dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif.  Data kuantitatif berupa penguasaan konsep siswa.  Data kualitatif berupa minat dan aktivitas siswa terhadap pembelajaran matematika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan: (1) rerata penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 40,03%, dan dari siklus II ke siklus III sebesar 2,93%; (2) minat siswa kategori sangat berminat dari prasiklus I sampai akhir siklus III sebesar 40%; (3) aktivitas siswa kategori sangat aktiv dari akhir siklus I sampai akhir siklus III sebesar 37,14%.  Dengan pembelajaran konstruktivisme dengan menggunakan bahan ajar bridging course dapat meningkatkan kemampuan dasar matematika siswa .
Kata kunci: kemampuan dasar matematika, pembelajaran konstruktivisme, bridging course